Rabu, 03 Oktober 2012

Thunderbird

0



•    Apa itu Thunderbird?

Mozilla Thunderbird adalah aplikasi client surat elektronik (MUA – Mail User Agent)  yang dikembangkan oleh Mozzila Foundation. Fungsinya sama dengan Outlook Express, Eudora Mail, Evolution, Sylpheed, dan sejenisnya. Thunderbird ini adalah salah satu produk turunan dari Mozilla. Pada awalnya Mozilla selalu mengemas aplikasinya dengan Browser + Mail Client. Namun, Mozilla mencoba memecah produknya dan membuatnya jauh lebih menarik dan ringan. Project Browsernya bernama: FireFox, dimana Project Mail Client-nya bernama: Thunderbird.
Pada awalnya dinamai Minotaur dan kurang mendapat dukungan, tapi setelah suksesnya kemunculan Mozilla Firefox, muncul permintaan untuk klien  e-mail yang serupa dan Minotaur diberi nama baru, Thunderbird.

Thunderbird pertama kali diluncurkan dengan versi 1.0 pada tanggal 7 Desember 2004 dan diunduh lebih dari 500.000 kali dalam 3 hari pertama dan sampai tahun 2007 telah di download lebihdari 50 juta kali. Thunderbird telah diluncurkan untuk sistem operasi Microsft Windows, Mac OS X, dan sistem operassi berbasis Linux (Unix).

Mozilla Thunderbird merupakan e-mail client yang dapat menerima dan mengirim e-mail seperti layaknya kita membuka website email aslinya.  Seperti G-mail, Yahoo-mail atau lainnya. Kelebihan Thunderbird yaitu kita tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam membuka halaman e-mail kita, secara otomatis Mozilla Thunderbird akan mengambilkannya, tentu saja dengan jauh lebih cepat daripada orang yang membuka e-mail langsung dari websitenya. Karena di Mozilla Thunderbird Anda tidak akan disuguhi iklan ataupun gambar-gambar website yang akan membuat komputer bekerja lebih keras.

•    Fungsi Thunderbird

Mozilla Thunderbird merupakan salah satu email manager yang populer digunakan saat ini. Konsep open-source dalam pengembangan program ini, membuatnya begitu powerfull dan sangat dipercaya oleh sebagian besar pengguna email manager. Selain itu program ini juga dapat dijalankan baik pada Windows maupun Linux (installer yang berbeda).

Thunderbird memiliki fitur Junk Mail Control (menggunakan teknologi penyaringan spam Bayesian) yang terintegrasi di menu Tools pada menubar yang sebelumnya dapat dikonfigurasi terlebih dulu secara mudah. Dengan adanya fitur Junk main Control, nantinya e-mail yang masuk akan disaring terlebih dulu oleh Thunderbird dan apabila pada header email terdapat entri yang masuk klasifikasi sebagai spam akan langsung ditandai dan dipindahkan dari folder Inbox kedalam folder Junk. Tidak perlu takut apabila ada email pribadi kita yang bukanlah sebuah spam namun ditandai sebaliknya oleh Thunderbird yang kemudian dipindahkan kedalam folder Junk. Nah, dari folder tersebut kita tinggal menghapus tanda/icon Junk yang diberikan oleh Thunderbird dan secara otomatis akan memindahkannya kembali kedalam Inbox. Nantinya header email tersebut juga akan terus diingat oleh Thunderbird sebagai bukan spam. Thunderbird meliputi tabbed e-mail, perangkat pencarian baru dan pengindeksan, folder cerdas, dukungan untuk Persona Firefox, setup wizard sederhana, dan perlindungan sampah yang kuat yang mencakup filter phishing dan spam. Thunderbird memiliki alat junk mail telah diperbarui untuk tetap di depan spam dan fitur perlindungan Phishing.

Selain menggunakan fitur Junk Mail Controls, ada fitur lainnya yang juga dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir “infeksi” spam adalah dengan memanfaatkan fungsi Message Filter. Fungsi ini membuat kita dapat memilih email mana saja yang diinginkan untuk masuk ke Inbox dan mana yang tidak. Kita tinggal memasukkan alamat email mana saja yang diinginkan untuk dapat di-filter oleh Thunderbird. Fungsi ini juga dapat diaplikasikan oleh pengguna web-based email. Thunderbird mempunyai kemampuan untuk berganti-ganti themes, dan dapat ditambahkan dengan plugin. Thunderbird juga bisa melakukan import setting dan mail dari Outlook Express, Mozilla / Netscape.

Fungsi Thunderbird lainnya adalah dapat berfungsi sebagai RSS feeder, atau membaca rangkuman update suatu website, membaca dan mengirim email, juga menyimpan buku alamat (Address Book) ala RSS. RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication, atau secara sederhana dapat diartikan sebagai rangkuman update dari suatu website. Yang sangat menarik dari pembaca RSS adalah bahwa kita bisa mendapatkan update dari website-website yang kita inginkan tanpa harus mengunjunginya. Pembaca RSS akan melakukan update otomatis dari website yang bersangkutan.

0 comments:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com